Pengaruh Game Online dalam Pola Tidur dan Kesehatan Fisik Seseorang

Pada dasarnya, game online adalah aplikasi permainan yang terhubung dengan koneksi internet di perangkat gadget kesayangan sahabat Bonanza88. Adapun, bermain game online dalam waktu lama bisa menimbulkan perasaan euforia yang membuat para gamers merasa nyaman. 

Seiring dengan meningkatnya popularitas games online, banyak penelitian yang membuktikan hasil dari bermain games terhadap perilaku, dan pola tidur pemain.

Di mana, studi mengkonfirmasi bahwa orang yang menghabiskan banyak waktu bermain game cenderung kurang tidur dan mengalami kualitas tidur yang lebih rendah. 

Lantas, pertanyaannya bagaimana video game mempengaruhi tidur seseorang ?

Studi telah menemukan bahwa video game sangat terkait dengan waktu tidur yang lebih lambat, lebih sulit tidur, dan lebih sedikit jam tidur.  Pemain juga merasa lebih sulit untuk bangun tepat waktu dan berisiko lebih tinggi merasa lelah keesokan harinya.

Sementara berbagai penelitian telah memperkuat hubungan antara video game dan masalah tidur, di mana para peneliti masih mengeksplorasi alasan potensial untuk hubungan ini. 

Namun begitu, para ahli telah menyarankan berbagai faktor yang dapat membantu menjelaskan efek bermain video game pada tidur.

Stimulasi Fisik dan Mental

Tentu saja, kegembiraan bermain video game dapat merangsang respons stres tubuh, yang memicu pelepasan hormon sehingga meningkatkan vitalitas seseorang dan meningkatkan kewaspadaan. 

Sementara golongan stres yang singkat dapat membantu pemain lebih fokus dan merespons tantangan, seiring berjalannya waktu, stres dapat mulai mengganggu kemampuan seseorang untuk jatuh dan tetap tertidur.

Para ahli juga berteori bahwa bersosialisasi dengan pemain lain dalam video game dapat merangsang otak dan menyebabkan masalah tidur. Gamer juga mungkin mengalami rasa takut ketinggalan (FOMO) saat bermain game dengan orang lain secara online. 

FOMO adalah pengalaman di mana seseorang mungkin kurang tidur karena merasa kehilangan interaksi sosial yang penting.

Jadwal Tidur Tertunda

Penelitian menunjukkan bahwa bermain video game dapat menyebabkan pemain menunda waktu tidur mereka atau mengabaikan kebiasaan tidur yang sehat, seperti melakukan aktivitas fisik yang cukup di siang hari.

Penundaan waktu tidur menggambarkan ketika seseorang mengorbankan tidur untuk aktivitas yang mereka anggap menyenangkan. Meskipun efek kurang tidur sepanjang malam bisa drastis, bahkan sedikit waktu tidur yang hilang dapat menumpuk seiring waktu dan berkontribusi pada gejala kurang tidur.

Eksposur Cahaya

Melihat ke layar perangkat elektronik seperti TV, komputer, atau konsol video game genggam membuat pemain terpapar cahaya buatan yang dapat mengelabui otak agar berpikir bahwa ini siang hari. Padahal, jam internal tubuh paling sensitif terhadap cahaya sekitar dua jam sebelum tidur hingga satu jam setelah bangun tidur.

Selain itu, layar pada perangkat elektronik memancarkan cahaya biru, yaitu warna cahaya yang berdampak paling signifikan pada pola tidur seseorang. Salah satu alasannya adalah karena cahaya biru telah terbukti menurunkan produksi melatonin dalam tubuh, hormon yang membantu tubuh mengatur kapan seseorang merasa terjaga dan mengantuk.

Manfaat Video Game Bagi Kesehatan

Bermain video game memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental Anda. Video game dapat membantu Anda menghilangkan stres dan membuat pikiran Anda terus berjalan. 

Beberapa manfaat meliputi:

  • Stimulasi mental

Video game sering membuat Anda berpikir. Ketika Bonanza88 bermain video game, maka hampir setiap bagian di otak Anda akan bekerja dalam membantu mencapai pemikiran

Namun, kembali lagi ini semua bergantung pada kerumitan game di mana, Anda mungkin harus berpikir, menyusun strategi, dan menganalisis dengan cepat. 

  • Meningkatkan kesejahteraan

Dalam permainan video game, Anda memiliki tujuan dan sasaran untuk dicapai bukan ? Begitu Anda mencapainya, mereka memberi Anda banyak kepuasan yang meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. 

Rasa pencapaian ini akan meningkat saat Anda memainkan game yang memberi Anda trofi atau lencana untuk tujuan tertentu. Di mana, dengan mencoba untuk mendapatkan lebih banyak pencapaian memberi Anda sesuatu untuk diusahakan.

  • Pemulihan kesehatan jiwa

Terlepas dari jenisnya permainan video games, bermain game dapat membantu pemulihan trauma. Video game juga bisa sebagai pengalihan perhatian rasa sakit serta trauma psikologis. 

  • Interaksi sosial

Games Multiplayer sebenarnya sangat bagus untuk interaksi sosial virtual. Di mana, dalam pengaturan game yang serba cepat ini, Anda harus mempelajari siapa saja yang harus  bisa dipercaya dan siapa yang harus bisa ditinggalkan dalam permainan video games.

  • Ketahanan emosional

Ketika Anda gagal dalam permainan, itu bisa membuat frustrasi. Oleh sebab itu dengan bermain video game maka bisa membantu Anda belajar mengatasi kegagalan. Ini adalah alat penting bagi anak-anak untuk dipelajari dan digunakan seiring bertambahnya usia.

Terlepas dari apa yang orang pikirkan, bermain video game meningkatkan mood Anda dan memiliki efek yang bertahan lama. Apakah Anda menggunakan game untuk menghabiskan waktu bersama teman atau melepaskan stres, itu adalah pilihan yang bagus.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *