Atribut pemain sepak bola yang dibutuhkan untuk menjadi pesepakbola hebat

Meurut Bonanza88, pertanyaan yang sering diajukan di kalangan komunitas sepak bola adalah apa yang membuat pemain sepak bola hebat?

Apa yang dimiliki Pele? Apa yang dimiliki Maradona? Bagaimana saya bisa menjadi seperti Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi?

Tidak ada formula ajaib tetapi ada kualitas kunci yang harus dimiliki oleh setiap pemain sepak bola papan atas.

Ini adalah area yang kompleks tetapi di bawah ini adalah atribut pemain sepak bola utama yang akan Anda lihat pada pesepakbola papan atas.

1. Teknik

Sepak bola sering disebut sebagai bahasa universal yang digunakan secara global. Teknik adalah kosa kata sepak bola dan itu adalah dasar dari mana semua pemain sepak bola diciptakan.

Teknik sepak bola dapat dibagi menjadi 3 bidang utama yang harus dikuasai untuk menjadi pemain top.

– Penguasaan dan kontrol bola

Kemampuan untuk menerima, mengontrol dan mengolah bola dengan kedua kaki, dada dan kepala.

– Menggiring bola

Menggerakkan bola dalam kendali penuh ke berbagai arah yang berbeda dengan kecepatan yang bervariasi.

– Gerakan dan bentuk tubuh

Cara Anda menggerakkan tubuh secara efisien dengan dan tanpa bola.

2. Pola pikir

Pola pikir adalah area yang sangat luas dengan banyak faktor pendukung, jadi sekali lagi ini dipecah menjadi segmen-segmen yang lebih kecil.

Ini adalah unsur utama dalam pesepakbola dan seringkali menentukan di level mana Anda bermain. 

– Ambisi dan Hasrat

Ambisi dan rasa lapar untuk berhasil adalah api yang menjadi hidup di lapangan sepak bola.

– Ketangguhan mental

Ada banyak pasang surut dalam perjalanan karier pesepakbola dan hal ini sering membedakan mereka yang gagal dan yang berhasil mencapai puncak.

– Kepemimpinan

Ini diukur dengan cara yang berbeda. Aa yang pemimpin dengan yang mengatur seperti John Terry atau Tony Adams dan ada yang dengan memberi contoh seperti Steven Gerrard atau Lionel Messi.

Yang jelas, ini aset yang harus dimiliki.

– Bersedia belajar

Sebagai pemain Anda harus dapat menerima umpan balik dari pelatih dan rekan untuk membantu meningkatkan permainan Anda.

Bagaimana reaksi pemain atau menanggapi instruksi, kritik dan saran? Apakah mereka terbuka untuk mempelajari hal-hal baru?

– Memotivasi Diri

Anda mendengar cerita tentang pemain elite yang tetap kembali untuk pelatihan ekstra atau menghabiskan berjam-jam untuk menguasai keterampilan dan teknik.

Motivasi privadi untuk selalu ingin memperbaiki diri dengan terus belajar dan berlatih dapat menjadi ukuran keberhasilan pemain.

– Tanggung jawab

Sepak bola adalah permainan tim, tetapi setiap pemain memiliki tanggung jawab baik di dalam maupun di luar lapangan.

Apakah pemain menerima tanggung jawab ini dan melaksanakannya atau mereka menghindarinya?

3. Kecerdasan Bermain

Seberapa sering Anda mendengar orang mengatakan kata-kata seperti ‘visi hebat, ‘kesadaran taktis’, ‘otak sepak bola’, ‘ketenangan dengan bola’.

Ungkapan-ungkapan ini merupakan kecerdasan permainan dan mungkin salah satu hal yang paling sulit untuk dilatih. 

Secara umu dapat dibagi menjadi:

– Mawas Ruang

Pemain harus dengan cepat memvisualisasikan dan memahami pergerakan yang terjadi di lapangan sepak bola. Seberapa cepat Anda dapat melakukan ini dapat membantu membuat keputusan tentang langkah selanjutnya.

– Penilaian risiko

Apa yang terjadi jika saya berlari ke ruang ini atau jika saya mengoper bola ke ruang itu? Pemain hebat dapat membuat keputusan yang tepat yang akan berdampak positif bagi tim.

4. Pemain Tim

Sepak bola adalah olahraga tim di mana Anda menang bersama dan kalah bersama.

Memang ada momen di mana sepertinya satu pemain adalah alasan kesuksesan sebuah tim. Seperti waktu Diego Maradona di Napoli pada 1980-an, serta Ronaldo dan Messi di timnya.

Namun faktanya, mereka semua mengakui tetap mengandalkan rekan satu tim untuk membantu membawa kesuksesan.

Tim dengan kinerja kolektif yang harmonis umumnya akan tampil jauh lebih baik sehingga seorang pemain kunci dapat beroperasi dengan kemampuan maksimalnya.

5. Fisik

Di level profesional, pesepakbola kini dipandang sebagai atlet elite. Tubuh mereka dibangun dan dikondisikan dengan kemampuan atletik yang seringkali dapat membedakan seorang pemain dari yang lain.

Di tahun-tahun awal, fisik pemain harus menjadi salah satu faktor terakhir yang harus diperhatikan, tetapi ketika Anda melakukannya, ini adalah area yang menjadi fokus:

– ABC (Agility, Balance and Coordination)

Ketangkasan, keseimbangan dan koordinasi sangat penting karena banyak sekali pergerakan yang terjadi dalam pertandingan sepak bola.

Ini berlaku dengan dan tanpa bola, seperti saat Anda menggiring bola, melompat, memutar, dan menposisikan diri Anda di ruang permainan.

– Kekuatan dan Kekokohan.

Ini bukan ukuran tenaga individu, tetapi lebih tentang seberapa efektif Anda menggunakan tubuh untuk memenangkan pertempuran fisik.

– Kecepatan

Ini bukan hanya kecepatan laris garis lurus.

Tetapi, kemampuan Anda melakukan akselerasi dan memperlambat diri, dan seberapa sigap Anda dapat mengubah arah dengan dan tanpa bola.

– Stamina

Saat tubuh Anda lelah, kontrol, fokus dan pengambilan keputusan menjadi terganggu. Padahal semua itu adalah aspek yang penting dalam pertandingan.

Sebagai penutup kami ingatkan bahwa perjalanan untuk menjadi pemain sepak bola top adalah sebuah proses yang memakan waktu bertahun-tahun.

Lalu tidak tak ada pemain yang dilahirkan langsung memiliki semua kriteria di atas.

Menurut Bonanza88, semua kembali ke sang pemain untuk rajin berlatih untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya ke level tertinggi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *