5 Komoditas Ekspor Indonesia yang Dikenal Dunia

Indonesia merupakan negara dengan sumber daya alam yang sangat melimpah, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa negara kita ini mampu mengekspor berbagai macam komoditas pangan. Ada beberapa komoditas yang menjadi unggulan ekspor dari Indonesia. Di artikel ini nanti, akan dijabarkan 5 komoditas ekspor Indonesia yang dikenal dunia. Jadi, jika Anda ingin mengetahuinya, silakan simak baik-baik. 

Daftar 5 Komoditas Ekspor Indonesia yang Dikenal Dunia

Kegiatan ekspor tentu memberikan dampak yang positif bagi suatu negara termasuk Indonesia. Hal ini dikarenakan aktivitas perdagangan antar negara tersebut, dapat menyumbang cadangan devisa untuk membantu perekonomian negara yang bersangkutan.

Indonesia sendiri pun, memiliki jumlah produk ekspor yang tidak sedikit, bahkan beberapa produk ekspor tersebut bisa dikatakan cukup potensial dengan pemasaran tinggi. 

Pada dasarnya, negara kita ini memang memiliki banyak komoditas yang bisa diekspor. 

Namun di artikel ini nanti kami hanya akan memberikan daftar 5 komoditas ekspor Indonesia yang dikenal dunia serta bisa menjadi bisnis unggulan. Berikut ini komoditi ekspor terbesar Indonesia yang perlu Anda ketahui:

1. Minyak kelapa sawit

Daftar 5 komoditas ekspor Indonesia yang dikenal dunia nomor satunya adalah minyak kelapa sawit. 

Anda tentu sudah tidak heran lagi bahwa Indonesia ini dikenal sebagai salah satu produsen kelapa sawit terbesar di dunia. 

Sehingga menjadi wajar jika komoditas produk kelapa sawit ini sering menjadi salah satu komoditas ekspor utama negara Indonesia. 

Menyadur dari halaman Kompas, di sepanjang tahun 2020 kemarin, minyak kelapa sawit menjadi salah satu komoditas produk ekspor non migas terbesar. Nilai transaksi dari ekspor minyak kelapa sawit ini pun mencapai 20,72 miliar US Dollar atau setara dengan kurang lebih sekitar 297 triliun rupiah. 

Negara tujuan ekspor minyak kelapa sawit ini cukup banyak di antaranya adalah India, Cina, Singapura, Vietnam, dan masih banyak lagi. 

2. Udang

Sebagai salah satu negara maritim, Indonesia juga memiliki banyak sekali hasil laut yang cukup melimpah. Hasil laut tersebut salah satunya adalah udang. 

Komoditas ekspor ini menjadi salah satu produk utama ekspor bagi negara Indonesia.

Menurut data yang diungkapkan oleh Badan Pusat Statistik atau BPS nilai ekspor udang dan Perikanan mencapai 3,61 miliar US Dollar atau setara dengan kurang lebih 52 Triliun Rupiah sepanjang tahun 2020.

Tujuan negara ekspor udang ini diantaranya adalah Jepang, Hongkong, China, Singapura, Belgia, Inggris, dan masih banyak lagi. 

3. Komoditas Kakao

5 komoditas ekspor Indonesia yang dikenal dunia selanjutnya adalah Kakao. Kakao adalah salah satu komoditas Agro yang bisa digunakan untuk bahan pembuatan coklat. Kita ketahui bahwasanya, peminat coklat cukup tinggi, sehingga Kakao ini bisa menjadi salah satu komoditas ekspor yang menjanjikan. 

Terlebih iklim di negara ini sangat cocok untuk mengembangbiakan tanaman kakao. 

Meskipun sebenarnya tanaman ini mengalami fluktuasi, namun jumlah ekspor Kakao dari Indonesia masih bisa dikatakan cukup tinggi. 

Berdasar data dari Badan Pusat Statistik di tahun 2019 silam, jumlah ekspor Kakao Indonesia mencapai nilai 1,2 miliar US Dollar atau setara dengan 17,2 Triliun Rupiah. 

4. Kopi

Selain Kakao, kopi juga merupakan salah satu produk Agro yang memiliki potensi ekspor sangat besar. Memiliki iklim tropis, membuat Indonesia sangat cocok untuk mengembangkan tanaman kopi. Bahkan sejauh ini, kopi menjadi salah satu komoditas ekspor utama dari Indonesia. 

Menurut data dari Badan Pusat Statistik atau BPS, nilai ekspor kopi Indonesia di tahun 2020 cukup tinggi mencapai nilai 809,2 juta US Dollar atau setara dengan 12 Triliun Rupiah. 

Cukup banyak jenis kopi yang bisa dijadikan komunitas ekspor Indonesia diantaranya adalah robusta, arabika, serta olahan kopi lain seperti kopi luwak. 

5. Rempah-rempah

5 komoditas ekspor Indonesia yang dikenal dunia selanjutnya adalah rempah-rempah. Negara Indonesia memang termasuk ke dalam negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia, sehingga tidak heran jika rempah-rempah ini menjadi salah satu komoditas ekspor utama. Terlebih lagi, permintaan rempah-rempah dunia bisa dikatakan sangat tinggi. 

Berdasar pada laporan data yang disampaikan oleh Badan Pusat Statistik atau BPS, total ekspor rempah-rempah ke berbagai negara dapat mencapai sekitar kurang lebih 275,3 ribu Ton di tahun 2020. Jumlah itu bernilai 618,4 juta US Dollar atau setara dengan 8,9 Triliun Rupiah.

Itulah 5 komoditas ekspor Indonesia yang dikenal dunia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *