Daftar Game Konsol yang Pernah Merajai Indonesia Part 1

Di dunia ini, hampir semua oang pernah bermain games. Aktivitas satu ini begitu menyenangkan karena membuat orang yang memainkannya bahagia.

Pada dasarnya, game merupakan sesuatu yang dimainkan dengan sebuah aturan dimana ada dua kemungkinan yakni menang atau kalah.

Salah satu jenis game yang cukup populer yakni game konsol. Dimana, merupakan salah satu game tertua dan terkenal se-antero dunia.

Ketika sistem video game rumahan rilis pertama pada tahun 1970, menjadikan industri game konsol maju dan berevolusi.

Dimana, saat itu pangsa pasar game konsol pada tahun 1990-an, secara global didominasi tiga perusahaan raksasa seperti Nintendo, PlayStation dan Xbox.

Ketiga raksasa inilah yang menjadi primadona game konsol di Tanah Air. Semua orang baik anak-anak hingga orang dewasa tergila-gila memainkan game ini. 

Namun, jauh sebelum ketiga raksasa tersebut hadir, awal mula kemunculannya yakni konsol game Baer dengngan prototype game bernama Bown Box. Ketika diluncurkan kemudian hadir dengan nama Magnavox Odysey, pada Mei, 1972.

Kala itu, game konsol ini berisikan sebanyak 16 game built-in dimana dapat diganti menggunakakn switch. Tercatat, Magnavox Odysey menghasilkan penjualan sebanyak 200.000 uni di dunia.

Dalam artikel ini, Bonanza88 akan fokus membahas tentang game konsol yang dulu begitu populer dimainkan oleh orang banyak.  Jika Anda penasaran baca sampai habis artikel ini ya.

Atari 2600

Anda pernah mendengar Atari 2600 ? jika belum ini merupakan game konsol pertama yang menjadi teman masa kecil generasi 90-an. 

Atari 2600 pertama diluncurkan pada 1977 silam dan sempat bertahan hingga tahun 1992.  Jadi, hampir selama 15 tahun bertahan di industry game konsul dunia.

Melalui Atari 2600, sejumlah game konsol terkenal hadir seperti Pac Man hingga Combat yang disukai anak-anak pada saat itu.

Nintendo Entertainment System (NES) 

Ini merupakan salah satu game konsol yang beken di tahun 90-an. Ya Nintendo Entertainment System (NES) ialah sebuah permainan video 8-bit yang diluncurkan tahun 1984 di Amerika Utara, Eropa dan Australia.

Sebelumnya pada 1983, Nintendo Entertainment System (NES) versi Jepang lebih dahulu dirilis dengan nama Nintendo Family Computer atau Famicom. 

Versi ini di distribusikan ke sejumlah negara Asia seperto China, Singapura, Vietnam, Hongkong dan Timur Tengah.

Diketahui, NES menjadi salah satu game konsol populer di kawasan Asia dan Amerika Utara kala itu. Ini berdampak pada industri game di Amerika Serikat yang kembali bangkit dari keterpurukan.

Diketahui, pada 2009 lalu, Nintendo Entertainment System berhasil dinobatkan sebagai game konsol video terbaik dalam sejarah oleh pihak IGN. Hebat bukan ?

Super Nintendo Entertainment System (SNES)

Kesuksesan game konsol Nintendo Entertainment System (NES) akhirnya pihak Nintendo meluncurkan versi upgrade yang bernama Super Nintendo Entertainment System (SNES) pada 2016.

Pada versi Super Nintendo Entertainment System (SNES) banyak fitur anyar yang dihadirkan seperti format video game 16-bit dengan perubahan sisi grafis, suara serta gameplay.

Sejumlah game populer hadir di konsol ini seperti Super Mario World, Donkey Kong Country, hingga Final Fantasy VI.

Tak berapa lama, Super Nintendo Entertainment System (SNES) meluncurkan lagi versi klasik dengan nama Super NES Classic Edition yang dirilis pada September 2017. 

Diketahui, SNES memiliki ukuran lebih kecil dari versi aslinya. Ada banyak game menarik yang  diusung dalam game konsol satu ini yakni, Super Mario World, The Legend of Zelda, Super Mario Kart, Super Metroid hingga F-Zero. 

SEGA Mega Drive 

Tidak kalah populer dari Nintendo Entertainment System (SNES), pada tahun 1988 pabrikan SEGA juga meluncurkan sebuah game anyar yang merupakan sebuah role play dengan judul Phantasy Star. 

Peluncuran game konsol ini dikhususkan diluncurkan bagi pengguna Sega Master System. Setahun kemudian, Sega kembali meluncurkans sebuah home console dengan nama Sega Mega Drive. 

Kehadiran Sega Mega Drive dalam industri game konsol sempat menjadi saingan dari Super Nintendo yang diluncurkan 2 tahun kemudian. Peluncuran Sega Genesis terbilang sukese dimana terjual sebanyal 40 juta unit di dunia. 

.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *