Mengenal Teknologi Layar Lipat Ponsel Yang akan Menjadi Tren Masa Depan

Sebelum Anda memiliki memiliki ponsel pintar (smartphone) dengan layar yang hampir terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam saku rupanya ada ponsel lipat.

Di mana, desain ponsel ini lebih kecil daripada smartphone pada umummya dan bisa muat di telapak tangan Anda. Namun seiring perjalanan waktu, ukuran ponsel lipat menjadi sedikit lebih besar.

Lantas, pertanyaannya mungkinkah ponsel lipat menjadi perangkat komunikasi masa depan yang menggantikan smartphone pada umumnya ?

Selain memiliki desain yang berbeda dari ponsel kebanyakan, ponsel lipat juga menjanjikan teknologi  yang modern dengan kenyamanan desain lipat. 

Jika mengacu pada laporan IDC, menunjukkan bahwa ada permintaan sebanyak 7,1 juta unit ponsel lipat tahun 2022 atau naik menjadi 1,9 juta unit pada periode tahun sebelumnya. 

Analis teknologi memprediksi, pasar ponsel lipat akan mencapai 27,6 juta unit dengan nilai $29 miliar pada tahun 2025.

Mengenal Teknologi Dasar Layar Pada Ponsel

Pada dasarnya, teknologi dasar layar pada perangkat smartphone yang perlu Anda ketahui yakni LCD dan OLED. Di mana, masing-masing dari keduanya memiliki beberapa variasi dan generasi, yang memunculkan lebih banyak akronim.

Lebih tepatnya, lebih mirip dengan televisi dan rentangnya yang berbeda seperti LED, QLED, dan Mini LED yang sebenarnya merupakan variasi dari teknologi LCD.

Pada layar LCD, berarti layar kristal cair yang namanya mengacu pada susunan kristal cair yang diterangi oleh lampu latar serta biaya yang relatif rendah menjadikannya pilihan populer untuk ponsel cerdas dan banyak perangkat lainnya.

LCD moderen sendiri mengandalkan lapisan TFT (Thin Film Transistor), dengan matriks aktif yang menghemat biaya dan kerumitan dibandingkan dengan tampilan lama yang beresolusi rendah, pasif, seperti yang biasa ditemukan di kalkulator, jam tangan lama,

Pada TFT, setiap piksel tidak memerlukan koneksi khusus untuk menerima voltase yang diperlukan untuk dihidupkan atau dimatikan, dengan transistor kecil yang mengontrol arus yang diterima pada setiap baris dan kolom piksel.

Dari sisi keuntungan, LCD cenderung bekerja cukup baik di bawah sinar matahari langsung, karena seluruh layar diterangi dari belakang tetapi menderita representasi warna yang berpotensi kurang akurat dibandingkan layar yang tidak memerlukan lampu latar.

LCD atau LED? Yang mana yang benar?

Berbicara tentang lampu latar, pertanyaan di atas menjadi sangat umum setelah TV “LED” diluncurkan, dengan jawaban singkatnya hanya LCD. Teknologi yang digunakan dalam tampilan LED (light-emitting diode) masih berupa kristal cair, bedanya LED menghasilkan lampu latar.

Keuntungan LED sendiri memiliki konsumsi daya yang sangat kecil di mana menjelaskan penekanan yang diberikan oleh departemen pemasaran dalam menyoroti istilah tersebut di TV, tetapi tidak begitu banyak ketika berbicara tentang ponsel cerdas dengan ukuran layar yang lebih kecil. 

Di sisi lain, pengoperasian lampu latar menyulitkan tampilan LCD/LED untuk menawarkan tingkat kontras yang bersaing dengan tampilan OLED karena kontrol pencahayaan tidak dilakukan oleh masing-masing piksel, tetapi oleh wilayah pada tampilan.

Prinsip Kerja Layar Lipat

Seperti yang kita ketahui, ponsel lipat menggunakan mekanisme yang sangat berbeda dari ponsel pada umumnya. Ini berarti, layar yang lebih besar, baterai berkapasitas lebih besar, engsel yang menyatukan layar, dan yang terpenting, layar yang dapat ditekuk dan dilipat dengan rapat. 

Sebagian besar ponsel cerdas menggunakan layar LCD saat ini. Ini dibangun di atas dasar kaca, dengan panel warna RGB di bagian atas. Dasar layar LCD olahraga LED, yang menghasilkan cahaya dan begitulah cara kami melihat gambar. 

Namun, masalah terbesar dalam melipat layar LCD jelas adalah alas kacanya. Kaca tidak bengkok, tebal dan mudah pecah.

Selai itu, layar yang dapat dilipat membutuhkan layar OLED. Piksel (RGB) pada layar OLED menyatu ke layar dan dapat menghasilkan cahayanya sendiri. Ini menghilangkan kebutuhan untuk memiliki sumber cahaya khusus yang membuat tampilan OLED jauh lebih tipis daripada LCD. 

Nah, layar yang dapat dilipat dibangun di atas dasar plastik, tidak seperti di atas dasar kaca pada layar LCD. Layar OLED kemudian ditempelkan pada lapisan plastik tipis, yang secara teknis dikenal sebagai Optically Clear Adhesive. 

Anggap saja sebagai pita perekat dua sisi, yang menyatukan semua lapisan tampilan. Versi awal film Optically Clear Adhesive mengembangkan masalah dan mengalami kesulitan menjaga semua lapisan layar tetap bersama. Namun, banyak rekayasa telah dilakukan sejak saat itu yang membuat layar lipat hampir sempurna saat ini.

Berbagai Alasan Menggunakan Layar Lipat 

Ada banyak alasan kenapa banyak orang menyukai dan menggunakan ponse lipat. Berikut kami sudah rangkum untuk Anda.

  • Perlindungan Layar Lebih Baik

Diketahui, sebagian besar ponsel lipat yang ada di pasaran bisa dilipat ke posisi dalam, layarnya pun bisa juga tertutup saat dilipat. Di mana, ini bisa melindungi layar, karena casing handphone menanggung beban benturan yang terjadi tidak disengaja.

  • Menampilkan Warna Cerah

Diketahui, layar OLED bisa bekerja fleksibel dalam memberikan tingkat kontras lebih baik, kecerahan lebih tinggi, kecepatan refresh jauh lebih cepat, hingga konsumsi daya lebih rendah bila dibanding dengan perangkat LCD yang memiliki ukuran layar serupa.

  • Multitasking

Kami belum pernah bertemu siapa pun yang tidak suka melakukan lebih dari satu tugas sekaligus. Layar smartphone yang dapat dilipat memungkinkan multitasking di level lain.

Anda dapat menjalankan hingga tiga layar secara bersamaan. Selain itu, ukuran layar yang besar turut memastikan jika pengguna tak perlu menyipitkan mata untuk bisa melihat informasi di layar tersebut seperti yang bisa Anda lakukan Ketika melakukan berbagai tugas di smartphone umumnya.

Pro dan Kontra Penggunaan Teknologi layar Lipat

Mengingat kecanggihan teknologi saat ini, ini adalah kelebihan dan kekurangan utama yang umumnya dimiliki sebagian besar ponsel lipat.

Kelebihan Ponsel Lipat

  • Layar lebih besar : Tidak dapat disangkal fakta bahwa layar ponsel lipat yang lebih besar adalah fitur penjualan utamanya.
  • Tampilannya : Gadget ini juga terlihat sangat keren. Ada sesuatu yang memuaskan tentang membuka ponsel hanya untuk video atau game seluler Anda untuk mengambil alih tampilan.

Kekurangan Ponsel Lipat

  • Tidak terlalu tahan air : Sebagian besar ponsel yang dapat dilipat dapat menahan perendaman air dalam jarak 1,5 meter selama 30 menit. Itu tidak mendekati apa yang dapat dicapai oleh kebanyakan ponsel modern. Meskipun mungkin aman saat hujan, sebaiknya Anda melompat setelah jatuh ke kolam.
  • Daya tahan: Memegang ponsel lipat apa pun, Anda akan segera merasa tidak nyaman dengan betapa halusn body mereka. Meskipun ada beberapa kasing yang tersedia untuk ponsel lipat, semuanya membiarkan layar luar terbuka dan menambah volume pada gadget yang sudah besar.
  • Bulky: Sifat dari ponsel lipat berarti jauh lebih sulit untuk membuatnya ramping seperti yang biasa kita lakukan di smartphone karena semua komponen tambahannya. Saat dilipat, terasa berat dan besar saat disentuh.
  • Harga: Samsung Galaxy Z Flip 3 berharga $1.799, sementara Microsoft Surface Duo2 lebih murah tapi masih mahal $1.249. 

Itu semahal ponsel andalan terbaru dan terhebat di luar sana, dan merupakan pukulan besar bagi dompet Anda. Anda dapat dengan mudah mendapatkan smartphone umumnya yang bagus dengan spesifikasi yang layak dengan harga setengahnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *