Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Program Promosi dan Diskon

Menjadi seorang pebisnis memang tidak mudah. Selain harus fokus pada kinerja karyawannya tetapi juga memperhatikan pelanggannya. Kondisi ini yang terkadang menjadi salah satu tantangan bagaimana cara mempertahankan pelanggan baik baru dan lama.

Berdasarkan pada penelitian dari Bain & Company, dengan meningkatnya customer retention sebesar 5% bisa meningkatkan keuntungan usaha sebanyak 75%.

Oleh karena itu, sahabat Bonanza88 memperhatikan aspek loyalitas konsumen sangatlah penting untuk bisnis supaya pelanggan tidak lari ke kompetitor lain. Di mana, Anda bisa memulainya dengan program loyalitas pelanggan (customer loyalty program).

Sebelum Bonanza88 membahas lebih jauh tentang loyalitas pelanggan ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu loyalitas pelanggan. Pasalnya, loyalitas pelanggan sangat menentukan perkembangan bisnis Anda di masa depan. 

Pada dasarnya, program loyalitas merupakan sebuah strategi bisnis yang bisa menarik pelanggan anyar sekaligus cara untuk mempertahankan pelanggan lama. Strategi satu ini bisa membentuk customer loyalty sehingga bisa membuat konsumen selalu ingin berbelanja di toko Anda.

Tujuan utama program loyalitas pelanggan yakni sebagai cara untuk meningkatkan penjualan pada bisnis serta membuat usaha Anda berbeda dengan kompetitor. Dengan begitu, Anda bisa menjadi pembeda dari pasar yang ada saat ini. 

Lazimnya sebuah promosi loyalty program, perusahaan bakal memberitahukan kepada pelanggannya melalui e-mail marketing, pemberian voucher diskon, dan sosial media.

Dengan cara ini, Anda dapat menarik perhatian pelanggan anyar yang sebelumnya tidak pernah membeli produk Anda. Dengan begitu, Anda akan tetap diingat oleh semua pelanggan. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan bukan.

Sebuah survei mengungkapkan, peluang pelanggan yang loyal saat berbelanja 250% akan lebih tinggi dibanding dengan pelanggan biasa yang berbelanja. 

Selain itu, pelanggan loyal juga kerap memberikan masukan yang bermanfaat perihal baik atau buruk produk yang Anda tawarkan, lantaran mereka ingin merek atau produk favorit tersebut untuk berkembang. 

Lantas, bagaimana cara meningkatkan loyalitas pelanggan?  Tentu saja, sahabat Bonanza88 bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dengan berbagai program di bawah ini :

  1. Beri Reward atau Diskon

Cara pertama yang bisa sahabat Bonanza88 lakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yakni dengan memberi hadiah atau diskon. Di sini, Anda bisa memberi pelanggan alasan untuk kembali. 

Tawarkan saja mereka insentif seperti menerapkan poin khusus pembelian di mana poin tersebut bisa ditukar dengan barang tertentu, menawarkan kupon, dan lain sebagainya. 

Di sini, pelanggan yang loyal Anda menjadi kunci tingkat retensi (retention rate), dan Anda harus kreatif dalam hal memberikan penghargaan kepada pelanggan setia Anda. 

Dengan menemukan cara terbaik dalam memberikan reward kepada pelanggan, maka akan membuat mereka lari ke kompetitor Anda selama ini.

  1. Menerapkan Promo Beli 1 Gratis 1

Siapa sih sahabat Bonanza88 yang tak senang apabila mendapatkan mendapatkan promo ? Promo memang selama ini selalu dinanti-nantikan oleh pelanggan. 

Misalnya saja, Anda bisa  memberikan promo beli 1 gratis 1, yang selama ini dikenal ampuh dalam meningkatkan penjualan. Kenapa? Ini lantaran dari sisi pelanggan, pemberian produk “gratis” memang terlihat menggiurkan. 

Di mana, pelanggan tidak segan untuk membeli produk tersebut cuma karena ingin memperoleh produk gratis secara cuma-cuma. 

Apabila ingin mengontrol manajemen promo lebih mudah, maka sahabat Bonanza88 bisa menggunakan fitur promo. Fitur satu ini mempermudah Anda membuat promo atau diskon, menentukan durasi waktu berlaku, serta menetapkan potongan harga yang diinginkan. 

Jika usaha Anda mempunyai cabang, Anda bisa menggunakan fitur satu ini untuk menerapkan program promo di cabang-cabang pilihan tersebut.

  1. Memberikan diskon jika pembelian mencapai jumlah tertentu

Selain Anda bisa memberikan produk “gratis”, sahabat Bonanza88 juga bisa memberikan diskon kepada pelanggan apabila mereka mencapai pembelian dengan jumlah tertentu ya. 

Misalnya saja, pelanggan baru akan meraih potongan harga Rp 50.000 apabila pembelian mereka mencapai Rp 500.000.  Strategi satu ini cukup efektif lantaran secara tidak langsung mendorong mereka untuk membeli kembali dalam jumlah besar.

  1. Memberikan Potongan Harga Member

Apabila sahabat Bonanza88 sudah cukup meraih loyalitas pelanggan melalui diskon dan promo, Anda mungkin bisa menjajal untuk menerapkan sistem member khusus kepada para pelanggan setia. 

Di mana, sistem membership akan membuat pelanggan Anda merasa spesial lantaran dengan menjadi member maka pelanggan berharap akan mendapatkan sesuatu yang secara personal dari Anda 

Di samping itu, bagi pelaku bisnis sistem membership bisa Anda terapkan untuk mempelajari preferensi pelanggan lebih dalam. 

Informasi pelanggan bisa Anda pakai untuk merancang strategi bisnis jangka panjang. Dari sini, Anda tentu saja bisa memanfaatkan riwayat transaksi member lalu memberikan penawaran eksklusif yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mereka saat ini. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *