Menilik Perkembangan BitCoin 2023. Semakin Terkenal atau Tenggelam?

Dalam beberapa tahun terakhir, tahukan sahabat Bonanza88 jika Crypto Currency atau mata uang kripto menjadi perbincangan hangat banyak pihak di dunia.

Di mana, banyak dari mereka sudah menggunakan mata uang digital ini untuk pelbagai keperluan transaksi jual beli hingga investasi investasi di masa depan.

Jika Bonanza88 tarik ke belakang, perkembangan mata uang kripto mulai terkenal di tahun 2008 lalu. Kala itu, ada sebuah peran ilmuwan Jepang bernama Satoshi Nakamoto yang mana meluncurkan buku sakti berjudul “Bitcoin: A Peer to Peer Electronic Cash System”. 

Peluncuran buku itu awalnya dilakukan melalui sebuah milis diskusi kriptografi dunia. Setahun kemudian, Nakamoto pun lantas meluncurkan mata uang kripto perdana yang diberi nama Bitcoin.

Pada saat diluncurkan kali pertama, langsung mendapat banyak reaksi positif bagi para pelaku kriptografi. Hal ini karena desain Bitcoin dapat memungkinkan sebuah fitur kepemilikan tanpa identitas terjadi.

Di mana, Bitcoin bisa tersimpan di sebuah perangkat komputer pribadi dan juga layanan dompet digital atau e-wallet dari pihak ketiga. 

Menariknya, Bitcoin yang tersimpan dalam dompet digital bisa dikirim kepada siapa pun yang memiliki alamat Bitcoin.

Lantas pertanyaannya, bagaimana tren perkembangan Bitcoin di tahun 2023 ini ? Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, maka Bonanza88 akan mencoba menjelaskannya untuk Anda. 

Perkembangan Bitcoin Tahun 2023

Jika kita kembali ke tahun 2022 lalu, perkembangan kripto seakan berbanding terbalik 360 derajat dengan kondisi pada tahun 2021.

Di mana, kripto pernah mengalami masa kejayaan di tahun 2021. Namun yang terjadi di tahun 2022, kripto justru mengalami periode buruk lantaran disebabkan adanya beberapa kejatuhan perusahaan kripto.

Namun begitu, seperti pada tahun sebelumnya ada banyak berseliweran pelbagai pandangan optimis (bullish) atau pun pesimis (bearish) terhadap masa depan kripto di tahun 2023 ini.

Nah, sahabat Bonanza88, berdasarkan sejumlah pengamat menilai bahwa tahun 2023 bisa saja menjadi periode pembalikan setelah ‘anjlok’ di sepanjang tahun 2022. 

Namun, ada yang pengamat yang berpandangan bahwa periode bearish masih akan berlanjut di tahun 2023. Terlepas dari dua pendapat tersebut terdapat proyeksi menarik yang hadir di industri kripto pada tahun 2023.

Melansir cnbcindonesia.com, berikut proyeksi atau outlook bitcoin di tahun 2023 berdasarkan pandangan dari sejumlah pengamat dunia :

  1. J.P Morgan

Sebuah perusahaan investasi asal Amerika Serikat, J.P Morgan mempercayai bahwa kehadiran proyek kripto seperti Ethereum akan membawa faktor besar dalam meningkatkan penggunaan blockchain.

Dirinya mengatakan, dengan adanya Ethereum Merge dan juga proses upgrade selanjutnya yaitu Surge Ethereum bisa menjadi faktor besar dalam meningkatkan penggunaan blockchain ke area anyar termasuk ke layanan keuangan.

  1.  Matthew Sigel (Vaneck)

Sementara itu, menurut analis dari Vaneck, Matthew Sigel memprediksi Bitcoin kemungkinan besar bisa mengalami nilai kenaikan ke US$ 30.000 dan bisa berpotensi turun ke angka sebesar US$ 10.000 hingga US$ 12.000.

Selain itu, ada juga prediksi dari Sigel di masa mendatang, seperti halnya prediksi harga Bitcoin, potensi minat besar terhadap teknologi blockchain, dan juga adopsi kripto dan juga stablecoin.

Dirinya mengatakan, pada masa mendatang bahwasanya lembaga bakal menggunakan blockchain untuk bisa menyederhanakan penyimpanan dan penyelesaian.

Sekaligus kata dia juga untuk mengurangi biaya bagi pelanggan. Sementara itu, dengan inflasi yang terjadi terus-menerus menjadikan Amerika Latin melihat adopsi kripto dan stablecoin tercepat di dunia.

  1. Tom Norwood (Loop Markets)

Co-Founder dan CEO Loop Markets, Tom Norwood pun memperkirakan bahwasanya permintaan bitcoin akan mengalami pertumbuhan dan juga mengharapkan pasar kripto bisa meningkat dalam waktu sekitar enam bulan ke depan.

Menurutnya, permintaan Bitcoin akan terus tumbuh terlepas dari kondisi pasar lantaran masih lebih baik ketimbang sebagian besar mata uang.

Ini setidaknya mempunyai peluang bagus untuk naik. Sementara itu, bagi sebagian besar mata uang hanya bakal terdepresiasi dari waktu ke waktu. Selain itu, adopsi kripto akan berkembang ke depannya.

Investor Kripto di 2023

Lantas bagaimana kondisi pasar kripto di Tanah Air ? CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan akan banyak jumlah investor kripto di 2023.

Hal ini kata dia jumlah penduduk Indonesia sangat besar. Kondisi ini juga didukung oleh bonus demografis yang mana memungkinkan instrumen investasi digital bakal mempunyai nasabah besar.

Bahkan pihaknya sudah turut fokus dan mempersiapkan upgrade feature dari sistem yang baru dengan target bagi tiap nasabah yang trading di Indodax akan jauh lebih nyaman dari sebelumnya. 

Pihaknya juga akan menelurkan fitur anyar lainnya untuk bisa memastikan trader di Indonesia dalam jual beli kripto lebih mudah dan nyaman.

Nah, dari penjelasan diatas, maka Bonanza88 bisa simpulkan bahwa perkembangan bitCoin di tahun 2023 akan semakin besar di kalangan masyarakat dunia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *