Tips Menjangkau Banyak Pelanggan Dengan Email Marketing

Di zaman yang serba digital ini tentu banyak produsen yang mengandalkan marketing secara digital. Selain melalui sosial media, kerap juga produsen menggunakan email marketing untuk menjangkau banyak pelanggan. Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang menarik untuk diterapkan dalam upaya penjualan produk. Banyak kelebihan yang diberikan ketika menggunakan email sebagai salah satu cara memasarkan produk. Lantas, bagaimana caranya menjangkau banyak pelanggan dengan email marketing? Berikut ini akan diberikan beberapa tips untuk membuat email marketing agar bisa menarik pelanggan.

Apa Itu Email Marketing?

Sebelum jauh membahas mengenai tips menjangkau banyak pelanggan dengan email marketing, Anda perlu mengetahui apa itu email marketing. 

Email marketing adalah salah satu dari banyaknya strategi pemasaran secara digital, untuk dapat menarik pelanggan lebih banyak. 

Selain kerap digunakan untuk menarik pelanggan, email marketing ini juga seringkali digunakan karena bisa menaikkan return on investment (ROI) 4x lebih tinggi dibandingkan dengan pemasaran melalui sosial media. 

Email marketing ini digunakan untuk mendatangkan prospek, menaikkan brand awareness, membentuk relasi, serta juga untuk menjaga loyalitas para pelanggan terhadap suatu produk ataupun produsen yang menawarkan. 

Email marketing sering dipandang lebih efektif dalam melakukan strategi pemasaran dibanding dengan metode pemasaran secara konvensional ataupun melalui sosial media. 

Namun sayangnya, masih banyak pelaku bisnis yang belum bisa menggunakan email marketing secara efektif. Padahal email marketing ini sangat penting dalam strategi bisnis untuk memasarkan produk yang dimiliki.  

Bagi Anda yang memiliki produk bisnis, tentu Anda harus memaksimalkan promosi melalui email marketing ini. 

Bagaimana cara untuk menggunakan email marketing secara optimal? 

Tips Menjangkau Banyak Pelanggan Dengan Email Marketing Yang Efektif

Untuk menjangkau banyak pelanggan dengan email marketing tentu Anda harus memiliki strategi tertentu untuk dapat menarik pelanggan saat mengirimkan sebuah email promosi. 

Tips email marketing tentu sangat Anda perlukan agar konten atau pesan yang Anda kirim ke pelanggan dapat menarik perhatian dengan mudah. 

Karena, ketika pelaku bisnis mengirimkan email marketing ke pelanggan melalui kontak email, persentase dibukanya lebih tinggi dibanding sosial media lainnya. 

Mengingat penggunaan email di zaman sekarang sangat penting, sehingga peluang pemasaran melalui email ini lebih besar potensinya. 

1. Buat pesan yang bersifat personal

Tips menjangkau banyak pelanggan menggunakan email marketing yang pertama adalah buatlah pesan yang bersifat personal. 

Meskipun email marketing kerap kali dibuat untuk di forward ke banyak kontak email sekaligus, namun usahakan isi pesan di dalamnya tetap bersifat personal. 

Caranya bukan hanya menyebut nama pelanggan saja, namun Anda juga perlu membuat isi pesan email marketing tersebut secara relevan dan sekiranya dibutuhkan oleh pelanggan.

Jadi di sini yang diperlukan adalah mengumpulkan informasi pelanggan yang menjadi target. 

Ketika membuat email marketing, Anda bisa memposisikan diri sebagai pelanggan yang menerima email tersebut. 

Sehingga, dari sini Anda bisa membuat email marketing yang bersifat personal dan dapat menyentuh pelanggan lebih dalam.

2. Tidak harus berisikan promosi

Tips kedua yang bisa Anda terapkan ketika membuat email marketing adalah isi email yang Anda kirimkan ke pelanggan tidak selamanya harus berisikan promosi. 

Anda juga bisa mengirimkan pesan pendekatan yang sekiranya dapat menjaga hubungan bisnis Anda dengan para pelanggan.

Hal ini sangat penting karena email yang berisi pesan selain promosi, bertujuan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan.  

Meskipun tidak harus berisikan promosi mengenai produk bisnis Anda, namun Anda tetap harus mengisi email marketing yang relevan serta memberikan value kepada para pelanggan mengenai produk-produk yang bisnis Anda tawarkan. 

Perlu diperhatikan juga, jangan sesekali mengirimkan pesan pendekatan yang tidak ada hubungannya sedikitpun dengan produk bisnis Anda.

3. Pengelompokan penerima email

Yang perlu dilakukan untuk melakukan email marketing selanjutnya adalah mengelompokkan penerima email. 

Silakan kelompokkan pelanggan dalam beberapa kategori tertentu misalnya kesamaan usia, gender, atau yang lainnya. 

Pengelompokan ini akan memudahkan Anda untuk kemudian mengisi atau membuat konten yang relevan bagi pelanggan. 

Tips ini sangat efektif untuk digunakan karena dengan mengelompokkan penerima email, targetnya akan jelas dibanding ketika Anda tidak mengelompokkan penerima email dan hanya mengirim email ke semua list pelanggan yang ada.

4. Hindari spam email

Untuk menjaga hubungan antar pelaku bisnis dan pelanggan melalui email marketing salah satunya adalah tidak mengirimkan email secara spam. 

Karena ketika Anda mengirimkan email secara terus-menerus yang terhitung sebagai spam, pelanggan juga akan merasa kesal jika email marketing yang masuk ke kotak pesan mereka terlalu sering. 

Untuk menangani hal ini, Anda bisa gunakan fitur frekuensi capping yang mana fitur ini mampu membatasi jumlah email yang nantinya akan diterima oleh pelanggan selama jangka waktu tertentu. 

Anda juga bisa mengatur jumlah email yang ingin dikirimkan kepada pelanggan supaya tidak terjadi spam email marketing.

5. Buat isi pesan atau konten secara singkat

Di dalam sebuah pemasaran, tentu tulisan singkat atau pesan singkat kerap digunakan untuk bisa menarik pelanggan secara cepat. 

Hal ini tidak hanya berlaku pada iklan dalam brosur, namun juga berlaku untuk pemasaran melalui email marketing. 

Meskipun di email Anda bisa melampirkan pesan secara panjang, namun jangan sesekali Anda membuat pesan yang memaksa pelanggan untuk membacanya dalam waktu yang lama. 

Meskipun dalam email marketing, pesan yang Anda kirim termasuk pesan yang penting, tapi usahakan membuat pesan yang singkat agar pelanggan dapat memahami keseluruhan pesan tanpa harus bosan membaca pesan yang panjang.

Itulah beberapa tips mengjangkau banyak pelanggan dengan email marketing yang efektif yang bisa diterapkan pada bisnis Anda. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *