Mengenal TWS, Teknologi Audio Bluetooth Terbaru

Teknologi memang selalu perkembangan yang pesat. Semakin ke sini sepertinya Teknologi memang mengangkat estetika berupa “less is more.” Di mana biasanya perangkat teknologi secara fisik lebih nyaman digunakan, seperti misalnya laptop tipis, smartphone full screen, earphone tanpa kabel, dan masih banyak lagi. Teknologi terbaru yang saat ini seperti sedang gencar dibuat oleh banyak produsen teknologi adalah audio wireless yang mengandalkan bluetooth. Apa itu teknologi audio bluetooth? Di sini akan diberikan pengertian agar anda lebih mengenal TWS, teknologi audio bluetooth terbaru yang saat ini banyak dikembangkan oleh banyak produsen teknologi.

Apa itu TWS, Teknologi Audio Bluetooth Terbaru?

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan teknologi TWS yang sering ditemukan pada produk earphone. TWS ini merupakan kepanjangan dari true wireless stereo yang memang memanfaatkan sinyal bluetooth untuk mengirimkan audio.

Jadi, di tahun 2019 silam teknologi wireless pada earphone dan juga headphone telah mengalami pertumbuhan kurang lebih sekitar 183%. 

Pertumbuhan inilah yang kemudian menjadikan earphone dan handphone menjadi salah satu kategori pasar personal device terbesar yang menggunakan teknologi wireless. 

Aksesoris yang menggunakan sinyal Bluetooth ini kemudian kerap disebut sebagai true wireless.

TWS ini sedikit berbeda dengan aksesoris nirkabel yang masih mengandalkan koneksi fisik untuk dapat terhubung ke perangkat agar bisa berfungsi bersama. 

Contoh headphone nirkabel yang masih harus menggunakan koneksi fisik adalah headphone yang disambungkan menggunakan kabel dan biasanya cara menggunakannya adalah dengan melingkarkan kabelnya di leher pengguna. 

Sedangkan device audio yang mengandalkan teknologi true wireless, benar-benar nirkabel tanpa membutuhkan kabel yang harus dihubungkan ke perangkat media satu dengan yang lainnya.  

Kebanyakan perangkat audio berbasis TWS khususnya handphone atau earphone ini memanfaatkan satu earbud sebagai perangkat sambungan antara sumber media dan earbud kedua.

Secara sederhana earbud yang menggunakan TWS, teknologi audio bluetooth terbaru ini, akan mengirimkan sinyal ke sumber perangkat, kemudian menghubungkannya, lalu perangkat tersebut meneruskan sinyal ke earbud kedua yang nantinya akan memberikan suara yang impresif.

Cara Kerja TWS, Teknologi Audio Bluetooth Terbaru

Setiap sistem teknologi terbaru pasti memiliki cara kerjanya masing-masing termasuk teknologi True wireless stereo ini. Bagaimana cara kerjanya? 

Teknologi TWS seperti halnya Qualcomm true wireless stereo pertama akan membentuk koneksi antar earbud. Dengan membentuk koneksi, maka perangkat sumber bisa menghubungkan keduanya. 

Selanjutnya dari sanalah chip bluetooth akan memproses pengiriman audio bersama-sama ke earbud pertama dan earbud kedua.  Proses inilah yang bisa meningkatkan kekuatan koneksi dan kemudian menghasilkan kualitas audio yang lebih jelas dan jernih.

Kelebihan TWS, Teknologi Audio Bluetooth Terbaru

Dari penjelasan di atas, tentu Anda sudah bisa menduga kelebihan dari TWS, teknologi audio bluetooth terbaru ini. 

Teknologi true wireless  stereo memiliki banyak kelebihan dibanding dengan teknologi kabel pada device audio. 

Kelebihan ini yang paling utama adalah kenyamanan dan tentunya mudah digunakan. Dengan menggunakan device audio wireless tentunya akan lebih membuat pengguna bebas bergerak dan tidak was-was kabelnya akan terlilit atau tersangkut.  

Selain bisa bebas bergerak bebas tanpa kabel, perangkat yang menggunakan teknologi TWS ini memiliki waktu pakai yang lebih lama dibandingkan perangkat audio earphone wireless konvensional. 

Biasanya juga jangkauan TWS, teknologi audio bluetooth terbaru ini mencapai 30 kaki sehingga Anda yang memiliki hobi mendengar musik sembari melakukan kegiatan, akan lebih nyaman dan akan terasa semakin ideal ketika anda gunakan untuk berolahraga. 

Dibanding dengan earphone ataupun headphone wireless konvensional ataupun audio yang menggunakan kabel, device audio TWS lebih memiliki suara stereo lebih bermutu dan jernih.  Sehingga nantinya akan Anda akan mendapatkan pengalaman audio dengan mutu yang tinggi. 

TWS ini meski cara kerjanya menghantarkan koneksi saluran audio kanan dan kiri secara terpisah, audionya tidak terpisah.

Penggunaan TWS, Teknologi Audio Bluetooth Terbaru

Teknologi TWS memang sangat familiar disematkan pada perangkat earphone atau headphone. Namun, penggunaan teknologi ini tidak terbatas hanya di earphone saja, melainkan inovasi ini juga diterapkan untuk speaker bluetooth yang bisa terkoneksi dengan smartphone, pc atau laptop. 

Jika Anda ingin memutar musik menggunakan speaker tanpa harus repot menggunakan kabel, speaker bluetooth ini bisa menjadi solusinya. 

Hal yang Membuat TWS, Teknologi Audio Bluetooth Terbaru Semakin Digemari

Ada beberapa hal yang membuat TWS ini semakin digandrungi oleh masyarakat. Apa saja? 

  • Harga yang Bersaing
  • Tempat Penyimpanan yang Menarik
  • Penggunaan Teknologi Bluetooth 5.0
  • Anti Repot Tanpa Kabel

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *