Tips Jitu dan Murah Tingkatkan Kinerja PC

Bonanza88 takkan bohong, tidak dapat dihindari bahwa semua komputer akan mengalami perlambatan kecepatan suatu saat. Ketika perangkat lunak menjadi lebih menuntut, cara PC Anda bereaksi terhadap perubahan ini dapat berdampak besar pada kinerjanya. Sistem operasi yang Anda miliki juga dapat membuat perbedaan besar.

Meskipun Anda bisa saja mengganti dengan PC baru, ada beberapa peningkatan yang dapat Anda lakukan yang mudah untuk dilakukan dan lebih hemat biaya. Penyesuaian kecil ini mungkin tampak remeh, tetapi jika dilakukan dengan rutin dan benar itu dapat memungkinkan PC Anda tetap berfungsi baik selama beberapa tahun.

Berikut adalah cara mudah dan hemat untuk dapat meningkatkan kecepatan komputer dan kinerjanya secara keseluruhan.

1. Uninstall perangkat lunak yang tidak perlu

Umumnya, komputer Anda telah dimuat sebelumnya dengan sejumlah aplikasi yang tidak akan digunakan banyak orang tetapi dapat menghabiskan sumber daya sistem. Anda biasanya dapat mengidentifikasi ini ketika Anda melihat pop-up yang meminta Anda untuk memperbarui program yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya.

Salah satu alasan aplikasi-aplikasi ini memperlambat PC Anda adalah karena mereka sering memulai secara otomatis saat Anda mem-boot komputer Anda.

Hapus aplikasi-aplikasi itu dari komputer Anda dan kosongkan ruang disk. Anda dapat melakukannya dengan Klik tombol “Start” dan kunjungi menu “Setting”, lalu pilih “Apps”.

Di sini Anda dapat melihat daftar aplikasi yang telah Anda instal. Setelah Anda menemukan program yang ingin Anda hapus, klik program tersebut dan pilih “Uninstall” yang ada di kanan bawah.

2. Batasi program saat startup

Sejalan dengan itu, Anda juga dapat menentukan aplikasi mana yang berjalan saat PC Anda boot. Jika Anda memakai Windows 10, OS ini memiliki Task Manager yang diperbarui yang membuatnya lebih mudah untuk menentukan apa yang ingin Anda jalankan di latar belakang dan apa yang dapat Anda mulai sendiri.

Untuk mengakses Task Manager, tekan Ctrl-Shift-Esc dan sebuah kotak akan muncul yang mencantumkan semua aplikasi yang telah Anda instal di komputer Anda

Ini juga memberi Anda akun terperinci tentang jumlah RAM yang digunakan setiap program saat Anda memulai PC. Untuk melakukan penyesuaian, cukup klik kanan pada aplikasi yang ingin Anda ubah agar tidak berjalan sampai diperintahkan

Anda selalu dapat mengubah pengaturan jika Anda melihat bahwa program tidak lagi berjalan yang memengaruhi cara Anda menggunakan PC. Jika ragu, Anda selalu dapat me-restart komputer Anda dan melihat cara kerjanya tanpa aplikasi tertentu yang tersedia saat startup.

3. Lihatlah browser web Anda

Penyesuaian kecil sering kali dapat membuat perbedaan dengan kecepatan PC Anda. Sesuatu yang sederhana seperti browser yang Anda gunakan dapat memperlambat atau mempercepat kecepatan pemuatan halaman web, video, dan gambar.

Jika Anda telah menggunakan browser tertentu dan melihat ada jeda waktu, pertimbangkan alternatif untuk melihat apakah kecepatan memuat lebih baik.

Jenis browser yang Anda gunakan bukan hanya hal yang mungkin memperlambat komputer Anda saat Anda menggunakan web. Jika Anda memiliki cache penuh yang belum dikosongkan dalam beberapa saat, maka Anda harus mengunjungi pengaturan Anda dan memastikannya kosong.

Cache Anda terdiri dari apa yang Anda ambil ketika Anda mengunjungi berbagai situs web. Banyak situs menggunakan cookie untuk mengetahui kebiasaan menjelajah Anda dan iklan yang mungkin Anda klik saat mengunjungi situs juga akan meninggalkannya. Cache menyimpan file-file ini sebagai informasi dan jika Anda menghabiskan banyak waktu online, file-file ini dapat menumpuk dan menyebabkan komputer Anda berjalan lebih lambat.

4. Pertimbangkan SSD startup

Saat Anda menginginkan kinerja yang lebih baik, solid-state drive (SSD) startup dapat membantu menghilangkan sebagian tekanan dari prosesor saat komputer Anda boot. Jika Anda cenderung menjalankan beberapa aplikasi pada satu waktu atau menggunakan perangkat lunak pengedit foto dan video, drive pengaktifan dapat sangat membantu untuk membuat program ini berjalan lebih lancar dan memuat lebih cepat.

Meskipun paling sering dipasang di komputer desktop, SSD juga dapat digunakan pada beberapa model laptop. Jika Anda tidak memiliki opsi untuk menggunakan SSD internal, Anda selalu dapat membeli drive eksternal yang terhubung ke PC Anda dengan USB 3.0.

Menurut Bonanza88, SSD ini dapat memberi Anda dorongan ekstra yang dibutuhkan saat menyalakan komputer. Ini juga memberi Anda dorongan bantuan untuk aplikasi yang membutuhkan lebih banyak memori sementara untuk berjalan dengan baik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *